Filter

Kategori
Kolom

Megasains Vol.13 No.1 Tahun 2022

Vol 13 No 1 (2022): Megasains Vol.13 No.01 Tahun 2022

Vol 10 No 2 (2019)

Available in print/offline


We give thanks to the Presence of God Almighty because with His permission the sale of Megasains Journal Volume 10 No. 2 of 2019 can be published as expected.


The Megasains Journal  was dedicated by the Bukit Kototabang Global Atmosphere Watch Station as a means of publishing scientific works originating from research activities based on Meteorology, Climatology, Air Quality and Geophysics (MKKuG), and environmental sciences. This journal is published twice a year to provide opportunities for writers
talented to contribute.


Starting from Volume 10 No. 1 in 2019, we have implemented an online journal system that makes it easier for authors to send their manuscripts, then monitor the progress of the review until they receive notification that it has been accepted or needs to be corrected. From the editorial side and Mitra Bestari as the review team can provide notifications on all manuscript acceptance processes until they are published.


Finally, I hope this journal can provide benefits to the general public as part of our joint efforts to make the nation smarter. We thank the authors. The Bestari Partner Team and Editorial Team have worked hard for the publication of Volume 10 No. 2 in 2019.

Vol 10 No 1 (2019)

Available in print/offline


We offer thanks to the presence of God Almighty because with His permission, Megasains Journal Volume 10 No. 1 of 2019 can be published as expected.


The Megasains Journal  was dedicated by the Bukit Kototabang Global Atmosphere Watch Station as a means of publishing scientific works originating from research activities based on meteorology, climatology, air quality and geophysics (MKKuG), and environmental sciences. This journal is published twice a year to provide opportunities for talented writers to contribute.


Starting from Volume 10 No. 1 in 2019  we have implemented an online journal system that makes it easier for authors to send their manuscripts, then monitor the progress of the review until they receive notification that it has been accepted or needs to be corrected. From the editorial side and Mitra Bestari as the review team can provide notifications about the entire manuscript acceptance process until it is published.



Finally, I hope this journal can provide benefits to the general public as part of our joint efforts to make the nation smarter. We would like to thank the authors, bestari partners and editorial team who have worked hard for the publication of Megasains Volume 10 No. 1 in 2019.

Vol 9 No 1 (2018)

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena  berkat rahmat  dan  hidayah-Nya,  Stasiun  Pemantau  Atmosfer  Global  (GAW)   Bukit Kototabang data kembali menerbitkan Buletin MEGASAINS. 
 
Dengan ditunjang oleh semangat dari seluruh staf Stasiun GAW Bukit  Kototabang di dalam dukungannya terhadap kesinambungan penerbitan Buletin MEGASAINS, Dewan Redaksi tentunya sangat berharap KTI ini dapat mendorong terciptanya peningkatan pelayanan MKKuG di masa yang akan datang. Disamping itu, munculnya kesadaran dalam melakukan kaidah penelitian juga diharapkan akan menunjang bagi peningkatan pengetahuan serta kinerja didalam melaksanakantugas sehari-hari. 
 
Tak ada gading yang tak retak, demikian pula kiranya terbitan Buletin  MEGASAINS ini  yang  masih  jauh  dari  sempurna.  Oleh  karena  itu,  Dewan Redaksi sangat mengharapkan saran dan masukan yang membangun demi perbaikan terbitannya di kemudian hari. 
 
Akhirnya,kami mengucapkan selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Vol 8 No 1 (2017)

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena  berkat rahmat  dan  hidayah-Nya,  Stasiun  Pemantau  Atmosfer  Global  (GAW)   Bukit Kototabang data kembali menerbitkan Buletin MEGASAINS. 
 
Pada terbitannya yang sudah memasuki Volume ke-8 di tahun 2017,  Buletin MEGASAINS tampil dengan wajah dan desain tata saji baru.  Dengan melakukan perubahan perubahan pada desain tata saji diharapkan membawa warna yang berbeda dari edisi edisi sebelumnya.  Perubahan tata saji juga diperkenalkan dengan memanfaatkan tampilan dua-kolom pada setiap halamannya. 
 
Dengan ditunjang oleh semangat dari seluruh staf Stasiun GAW Bukit  Kototabang di dalam dukungannya terhadap kesinambungan penerbitan Buletin MEGASAINS, Dewan Redaksi tentunya sangat berharap KTI ini dapat mendorong terciptanya peningkatan pelayanan MKKuG di masa yang akan datang. Disamping itu, munculnya kesadaran dalam melakukan kaidah penelitian juga diharapkan akan menunjang bagi peningkatan pengetahuan serta kinerja didalam melaksanakantugas sehari-hari. 
 
Tak ada gading yang tak retak, demikian pula kiranya terbitan Buletin  MEGASAINS ini  yang  masih  jauh  dari  sempurna.  Oleh  karena  itu,  Dewan Redaksi sangat mengharapkan saran dan masukan yang membangun demi perbaikan terbitannya di kemudian hari. 
 

Vol 7 No 3 (2016)

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha  Esa karena berkat rahmat  dan  hidayah-Nya,  Stasiun  Pemantau  Atmosfer  Global  (GAW)   Bukit Kototabang data kembali menerbitkan Buletin MEGASAINS. 


Pada terbitannya yang sudah memasuki Volume ke-7 di tahun  2016, Buletin MEGASAINS tampil dengan wajah dan desain tata saji baru.  Dengan melakukan perubahan perubahan pada desain tata saji diharapkan membawa warna yang berbeda dari edisi edisi sebelumnya.  Perubahan tata saji juga diperkenalkan dengan memanfaatkan tampilan dua-kolom pada setiap halamannya. 


Dengan ditunjang oleh semangat dari seluruh staf Stasiun GAW  Bukit Kototabang di dalam dukungannya terhadap kesinambungan penerbitan Buletin MEGASAINS, Dewan Redaksi tentunya sangat berharap KTI ini dapat mendorong terciptanya peningkatan pelayanan MKKuG di masa yang akan datang. Disamping itu, munculnya kesadaran dalam melakukan kaidah penelitian juga diharapkan akan menunjang bagi peningkatan pengetahuan serta kinerja didalam melaksanakantugas sehari-hari. 


Tak ada gading yang tak retak, demikian pula kiranya terbitan  Buletin MEGASAINS ini  yang  masih  jauh  dari  sempurna.  Oleh  karena  itu,  Dewan Redaksi sangat mengharapkan saran dan masukan yang membangun demi perbaikan terbitannya di kemudian hari. 

Vol 7 No 2 (2016)

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) BukitKototabang data kembali menerbitkan Buletin MEGASAINS. 
 
Pada terbitannya yang sudah memasuki Volume ke-7 di tahun 2016, Buletin MEGASAINS tampil dengan wajah dan desain tata saji baru. Dengan melakukanperubahan perubahan pada desain tata saji diharapkan membawa warna yang berbedadari edisi edisi sebelumnya. Perubahan tata saji juga diperkenalkan denganmemanfaatkan tampilan dua- kolom pada setiap halamannya. 
 
Dengan ditunjang oleh semangat dari seluruh staf Stasiun GAW Bukit Kototabang di dalam dukungannya terhadap kesinambungan penerbitan BuletinMEGASAINS, Dewan Redaksi tentunya sangat berharap KTI ini dapat mendorongterciptanya peningkatan pelayanan MKKuG di masa yang akan datang. Di samping itu,munculnya kesadaran dalam melakukan kaidah penelitian juga diharapkan akanmenunjang bagi peningkatan pengetahuan serta kinerja di dalam melaksanakan tugassehari-hari. 
 
Tak ada gading yang tak retak, demikian pula kiranya terbitan Buletin MEGASAINS ini   yang   masih   jauh   dari   sempurna.   Oleh   karena   itu,   Dewan  Redaksi   sangat mengharapkan saran dan masukan yang membangun demi perbaikanterbitannya di kemudian hari. 

Vol 7 No 1 (2016)

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang data kembali menerbitkan Buletin MEGASAINS.


Pada terbitannya yang sudah memasuki Volume ke-7 di tahun 2016, Buletin MEGASAINS tampil dengan wajah dan desain tata saji baru. Mulai dengan edisi kali ini, Buletin MEGASAINS menggunakan logo berupa lingkaran dengan kombinasi gradasi warna hijau, putih, dan biru, dan dilengkapi dengan bayangan berwarna biru. Logo ini mencerminkan kajian Buletin MEGASAINS yang berfokus pada Karya Tulis Ilmiah (KTI) di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas udara, dan Geofisika (MKKuG), serta lingkungan. Perubahan tata saji juga diperkenalkan dengan memanfaatkan tampilan duakolom pada setiap halamannya.


Untuk edisi kali ini, enam KTI dari berbagai disiplin ilmu disajikan. Di bidang meterologi/fisika atmosfer, pengukuran radiasi pada periode 2015 di Bukit Kototabang diulas lebih mendalam. Di bidang klimatologi, pemanfaatan konsep probabilitas dilakukan untuk lahan kering di Lombok dengan mengacu pada jeda dan curah hujan. Pada KTI lainnya, frekuensi curah hujan dari enam lokasi yang berbeda di Indonesia juga dianalisis untuk menentukan normal musim di Indonesia. Di bidang kualitas udara, model WRFChem diaplikasikan untuk menentukan kualitas udara di Sumatera Barat. Di bidang geofisika, analisis terhadap seismic gap di Sesar Geser Sumatera. Di bidang lingkungan, kejadian tanah longsor di Aceh Selatan dikaji dengan memanfaatkan citra Satelit Landsat 5.


Dengan ditunjang oleh semangat dari seluruh staf Stasiun GAW Bukit Kototabang di dalam dukungannya terhadap kesinambungan penerbitan Buletin MEGASAINS, Dewan Redaksi tentunya sangat berharap KTI ini dapat mendorong terciptanya peningkatan pelayanan MKKuG di masa yang akan datang. Di samping itu, munculnya kesadaran dalam melakukan kaidah penelitian juga diharapkan akan menunjang bagi peningkatan pengetahuan serta kinerja di dalam melaksanakan tugas sehari-hari.


Tak ada gading yang tak retak, demikian pula kiranya terbitan Buletin MEGASAINS ini yang masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, Dewan Redaksi sangat mengharapkan saran dan masukan yang membangun demi perbaikan terbitannya di kemudian hari.


 

Vol 6 No 3 (2015)

Puji dan Syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang dapat kembali menerbitkan Buletin MEGASAINS.


Memasuki tahun keenam penerbitannya, MEGASAINS terus melakukan berbenah diri. Pembenahan itu tidak saja dari segi tampilan, tapi juga dari isi yang diharapkan semakin memperkaya khasanah pembaca di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara, Geofisika, dan Lingkungan. Pada edisi kali ini, MEGASAINS kembali menerbitkan enam karya tulis yang mewakili bidang yang menjadi kajian buletin ini. 


Dengan ditunjang oleh semangat dari seluruh staf Stasiun GAW Bukit Kototabang di dalam dukungannya terhadap kesinambungan penerbitan MEGASAINS, Redaksi tentu sangat berharap hasil-hasil penelitian ini dapat mendorong terciptanya peningkatan pelayanan MKKuG di masa yang akan datang. Disamping itu, munculnya kesadaran di dalam melakukan kaidah penelitian, diharapkan akan menunjang bagi peningkatan pengetahuan serta kinerja di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.


Tak ada gading yang tak retak, demikian pula kiranya terbitan MEGASAINS ini yang masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, Redaksi sangat berharap saran dan masukan yang membangun demi kesempurnaan MEGASAINS di kemudian hari.


 

Vol 6 No 1 (2019)

Puji dan Syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang dapat kembali menerbitkan Buletin MEGASAINS.


Memasuki tahun keenam penerbitannya, MEGASAINS terus melakukan berbenah diri. Pembenahan itu tidak saja dari segi tampilan, tapi juga dari isi yang diharapkan semakin memperkaya khasanah pembaca di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara, Geofisika, dan Lingkungan. Pada edisi kali ini, MEGASAINS kembali menerbitkan enam karya tulis yang mewakili bidang yang menjadi kajian buletin ini.


Dengan ditunjang oleh semangat dari seluruh staf Stasiun GAW Bukit Kototabang di dalam dukungannya terhadap kesinambungan penerbitan MEGASAINS, Redaksi tentu sangat berharap hasil-hasil penelitian ini dapat mendorong terciptanya peningkatan pelayanan MKKuG di masa yang akan datang. Disamping itu, munculnya kesadaran di dalam melakukan kaidah penelitian, diharapkan akan menunjang bagi peningkatan pengetahuan serta kinerja di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.


Tak ada gading yang tak retak, demikian pula kiranya terbitan MEGASAINS ini yang masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, Redaksi sangat berharap saran dan masukan yang membangun demi kesempurnaan MEGASAINS di kemudian hari.


 

Vol 4 No 3 (2013)

Puji dan Syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang dapat kembali menerbitkan Buletin MEGASAINS.


Memasuki tahun ketiga penerbitannya, MEGASAINS terus melakukan berbenah diri. Pembenahan itu tidak saja dari segi tampilan, tapi juga dari isi yang diharapkan semakin memperkaya khasanah pembaca di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara, Geofisika, dan Lingkungan. Pada edisi kali ini, MEGASAINS kembali menerbitkan enam karya tulis yang mewakili bidang yang menjadi kajian buletin ini. 


Dengan ditunjang oleh semangat dari seluruh staf Stasiun GAW Bukit Kototabang di dalam dukungannya terhadap kesinambungan penerbitan MEGASAINS, Redaksi tentu sangat berharap hasil-hasil penelitian ini dapat mendorong terciptanya peningkatan pelayanan MKKuG di masa yang akan datang. Disamping itu, munculnya kesadaran di dalam melakukan kaidah penelitian, diharapkan akan menunjang bagi peningkatan pengetahuan serta kinerja di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.


Tak ada gading yang tak retak, demikian pula kiranya terbitan MEGASAINS ini yang masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, Redaksi sangat berharap saran dan masukan yang membangun demi kesempurnaan MEGASAINS di kemudian hari.